FARADILLAH SAPUTRA (2022) PENGEMBANGAN PENILAIAN BERBASIS ONLINE SEBAGAI SOLUSI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X SMAN 6 SOPPENG DI KABUPATEN SOPPENG.
Text
Jurnal Artikel Faradillah Saputran FIP UNM.pdf Download (427kB) |
|
Text
SKRIPSI PENYEBARAN FIKS FADIL 1741041022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Faradillah Saputra.2021. Pengembangan Penilaian Berbasis Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X Sman 6 Soppeng di Kabupaten Soppeng. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Hakim, S. Pd., M. Si. dan Dr. Arnidah, S. Pd., M. Si. Masalah dalam penelitian ini adalah pada masa pandemi proses evaluasi kurang optimal karena siswa mengisi lembar jawaban pada file word tanpa dilengkapi soal yang otentik karena hanya berisi teks dan gambar dan mengandalkan fitur chat di whatsapp group kelas dalam mengirimkan soal evaluasi ke kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi tingkat kebutuhan penilaian berbasis website Google formulir untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Soppeng. 2) mendesain website Google Formulir sebagai alat evaluasi pembelajaran di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Soppeng. 3) mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan penggunaan Google Formulir sebagai alat evaluasi Pembelajaran Di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Soppeng. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilakukan di Kelas X SMAN 6 Soppeng. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/ materi dan ahli desain, siswa Kelas X Sman 6 Soppeng yang berjumlah 22 orang, dan 1 orang Guru pengampu mata Pelajaran. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli isi/ materi, angket ahli desain, angket uji coba tanggapan siswa, angket tanggapan Guru mata Pelajaran, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kualifikasi dibutuhkan, identifikasi kebutuhan materi yang menjawab ya berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan sedangkan yang menjawab tidak berada pada kualifikasi sangat kurang dibutuhkan. Selanjutnya hasil validasi ahli isi/materi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi ahli desain berada pada kualifikasi baik, pada tahap uji coba tanggapan siswa mendapatkan hasil sangat baik, dan tanggapan guru pengampu mata Pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk Penilaian berbasis Online berada pada kualifikasi dibutuhkan serta produk penilaian berbasis online ini sudah valid dan praktis Kata Kunci: Pengembangan, Google Formulir, Evaluasi Pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24005 |
Actions (login required)
View Item |