PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 8SMP NEGERI 3 PAREPARE

SULFAH MUHTAR (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 8SMP NEGERI 3 PAREPARE.

[img] Text
Jurnal - TP - Sulfah Muhtar.pdf

Download (368kB)
[img] Text
TP-SULFAH MUHTAR-1741041003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sulfah Muhtar, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si.) Perkembangan teknologi sangat menguntungkan bagi bidang Pendidikan, dengan kecanggihan teknologi membuat proses pembelajaran tidak hanya bisa laksanakan di dalam kelas saja tetapi saat ini proses pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja menggunakan jaringan internet yang mampu menghubungkan antara satu orang dengan yang lainnya, serta menyediakan begitu banyak akses untuk mendapatkan informasi berupa materi pelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Designs (Non-design) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Parepare. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pre-test yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan post-test yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Dokumentasi sebagai data pendukung pada penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametrik wilcoxon signed ranks test (Z). Berdasarkan hasil uji non parametrik wilcoxone signed ranks test (Z) yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare setelah pelaksanaan pembelajaran daring lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:05
Last Modified: 21 Jul 2022 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item View Item