PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIISMP 3 KAHU KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE

ISNAWATI AMIR (2022) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIISMP 3 KAHU KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE.

[img] Text
Artikel_Isnawati Amir.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Isnawati Amir_1741042004_TP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Isnawati Amir, 2021, Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Smp 3 Kahu Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Pd, dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Pd; Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan. Evaluasi dapat memberikan gambaran tentang tingkat pencapaian yang di peroleh oleh peserta didik terhadap suatu materi yang telah di pelajarinya. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan di peroleh informasi bahwa guru belum memanfaatkan alat evaluasi quizizz dalam pengambilan nilai pada peserta didik. Dalam pengambilan nilai guru menggunakan google form. Kebutuhan akan alat evaluasi berbasis quizizz ini di dasarkan pada kenyataan bahwa perlu adanya alat evaluasi yang menarik untuk di gunakan dan mudah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di Smp 3 Kahu Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana kebutuhan alat evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII Smp 3 Kahu, dan (2) Mengetahui bagaimana tingkat kevalidan dan kepraktisan alat evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII Smp 3 Kahu. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R&D) dengan model ADDIE yang singkatan dari Analysis (Analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi). Data yang di olah nantinya berbantuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif di peroleh dari angket yang di berikan kepada validator materi, validator media dan Desain, guru pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII, dan siswa kelas VII C berjumlah 21 siswa. Sedangkan data kuantitatif di peroleh dari kritik dan saran yang di berikan oleh validator dan pengguna. Hasil validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh dengan kriteria valid. Hasil uji coba dan hasil uji lapangan soal di karegorikan valid semua dengan reliabilitas yang di peroleh pada tahap pertama di kategorikan tidak reabel dan pada tahap uji lapangan di kategorikan reabel. Pada penilaian peserta didik memperoleh dengan kriteria menarik. Kata Kunci : Evaluasi, Quizizz

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:02
Last Modified: 21 Jul 2022 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item