EVALUASI ILUMINATIVE PADA STANDAR PROSES MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X BERBASIS KURIKULUM NASIONAL PADA SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE MAKASSAR

NURLAILAH (2022) EVALUASI ILUMINATIVE PADA STANDAR PROSES MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X BERBASIS KURIKULUM NASIONAL PADA SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Nurlailah 1541042001.pdf

Download (399kB)
[img] Text
SKRIPSI Nurlailah 1541042001.pdf

Download (7MB)

Abstract

NURLAILAH, 2021, “Evaluasi Iluminative Pada Standar Proses Mata Pelajaran Sejarah Indonesi kelas X Berbasis Kurikulum Nasional Pada SMA YPLP PGRI 2 Tamalate Skripsi. Dibimbing oleh Dr.H.Abdul Haling,M.Pd. dan Dr.Arnidah,S.Pd,M.Si; Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui gambran dokumen perangkat pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA YPLP PGRI 2 Tamalate Makassar, 2) mengetahui gambaran Implementasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA YPLP PGRI 2 Tamalate Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Illumintif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas X yang menjadi objek yaitu proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam kelas pengimplementasian Rencana Pelaksanan Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yang sekarang menjadi Kurikulum Nasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah evaluasi iluminatif yang memiliki tiga tahapan yaitu: 1) Tahap pertama observasi, 2) Tahap kedua inkuiri lanjutan, dan 3) Tahan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran di kelas X SMA YPLP PGRI 2 Tamalate Makassar pada tahap perencanaan seperti Program Tahunan, Program Semester, Pekan Efektif, Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Buku, LKS, Lembar Penilaian sudah memenuhi standar sesuai dengan Kurikulum Nasional, sedangkan dalam tahap pelaksaan pembelajaran menunjukkan masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan RPP dalam kurikulum Nasional seperti model pembelajaran Discovery Learning yang mengharuskan siswa aktif dalam proses pembelajaran melainkan guru yang banyak menjelaskan dibandingkan melibatkan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci: Evaluasi Iluminatif, Standar Proses, Kurikulum

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:43
Last Modified: 21 Jul 2022 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item View Item