PENGEMBANGAN BUKU AJAR MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

NURHIKMAH (2022) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
fix mau dijilid.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PJE Template 2021.pdf

Download (520kB)

Abstract

Nurhikmah. 2021. Pengembangan Buku Ajar Manajemen Pembelajaran Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh: Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dunia pendidikan saat ini semakin berkembang pesat, berbagai macam pembaharuan dilakukan agar meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan kualitas maupun kelengkapan sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis tingkat kebutuhan buku ajar manajemen pembelajaran, 2) mengetahui validitas buku ajar manajemen pembelajaran, 3) mengetahui kepraktisan buku ajar manajemen pembelajaran. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/ materi dan ahli desain, mahasiswa Teknologi Pendidikan yang berjumlah 20 orang, dan 1 orang dosen pengampuh mata kuliah. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli isi/ materi, angket ahli desain, angket uji coba perkelompok, angket uji coba perorangan, angket tanggapan dosen mata kuliah, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi dibutuhkan, identidikasi kebutuhan materi mahasiswa yang menjawab ya berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan sedangkan yang menjawab tidak berada pada kualifikasi sangat kurang dibutuhkan, dan identifikasi kebutuhan ketua program studi Teknologi Pendidikan berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan. Selanjutnya hasil validasi ahli isi/materi berada pada kualifikasi baik, validasi ahli desain berada pada kualifikasi baik, pada tahap uji coba kelompok mendapatkan hasil sangat baik, uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik dan tanggapan dosen pengampuh mata kuliah berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk buku ajar manajemen pembelajaran berada pada kualfikasi dibutuhkan serta produk buku ajar ini sudah valid dan praktis. Kata Kunci: Produk, Buku Ajar, Manajemen Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:30
Last Modified: 21 Jul 2022 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23999

Actions (login required)

View Item View Item