PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM

DARMAWAN (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM.

[img] Text
Darmawan Artikel - 1741042022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Darmawan Skripsi -1741042022.pdf

Download (9MB)

Abstract

Darmawan. 2021. Pengembangan Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau) Untuk Mahasiswa Jurusan TP FIP UNM. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si Masalah dalam penelitian ini adalah sudah diterapkannya program penguatan pendidikan karakter di UNM melalui Pusat Layanan MKU, MKK, PK LP2MP UNM, tetapi masih membutuhkan beberapa dukungan perangkat khususnya yang dapat digunakan pada kegiatan intrakurikuler mahasiswa yang berbasis lokal wisdom 3S. Tujuan Penelitian ini 1) untuk mengetahui nilai-nilai dalam pengembangan Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau), 2) mendesain buku digital Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S (sipakainge’, sipakalebbi’, sipakatau), 3) menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan buku Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S (sipakainge’, sipakalebbi’, sipakatau) untuk Mahasiswa Jurusan TP FIP UNM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE, (analysis), (design), (development), (implementation), dan (evaluation). Lokasi penelitian di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNM. Subjek penelitian berjumlah 22 mahasiswa angkatan 2020 TP FIP UNM. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan Teknik Obsevasi, dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil yang dicapai evaluasi ahli isi/materi menunjukkan bahwa isi/materi penguatan pendidikan karakter pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli media/desian pembelajaran menunjukkan pada kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukan pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut buku digital cerita inspiratif ini dapat dijadkan sebagai salah satu perangkat pembelajaran penguatan pendidikan karakter di intrakurikuler terutama berbasis lokal wisdom 3S. Analisis Kebutuhan buku cerita inspiratif 3S penguatan pendidikan karakter untuk mahasiswa, menunjukan bahwa buku digital cerita inspiratif baik untuk dikembangkan sebagai pedoman materi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di UNM. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa buku cerita yang dikembangkan sesuai kebutuhan mahasiswa. Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S (sipakainge’, sipakalebbi’, sipakatau) Untuk Mahasiswa dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil validasi media/desain pembelajaran yang mendapat persentase dengan kualifikasi sangat baik dan dari hasil validasi isi/materi mendapatkan kualifikasi sangat baik. Dikatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, rerata persentase buku digital cerita inspiratif berada pada kualifikasi sangat baik. Kata kunci: Pendidikan karakter, buku digital, budaya lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:25
Last Modified: 21 Jul 2022 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item View Item