PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 3 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

MASWAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 3 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SKRIPSI MASWAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maswan, 2021, Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Kelas VII Di Smp Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Kurangnya pemamfaatan Media Pembelajaran, Guru masi sangat bergantung pada Buku dan Media Konvensional lainnya sehingga siswa cenderung pasif, pembelajaran menjadi kurang maksimal adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis kebutuhan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, Bagaimana desain atau model hipotetik Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, Bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui analisis kebutuhan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, Untuk mengetahui desain atau model hipotetik Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, Untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Model peneliti dan pengembangan yang digunakan yaitu mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Alessi dan Trolip yang terdiri dari tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media atau desain media pembelajaran, ahli isi atau materi media pembelajaran, siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Anggeraja dan guru IPA Terpadu. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli media atau desain, ahli isi atau materi tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA. Hasil dari uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar, dan hasil tanggapan guru IPA, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:21
Last Modified: 21 Jul 2022 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item