PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU DIGITAL PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO UNTUK MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

SELVI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU DIGITAL PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO UNTUK MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
1642756653155_1639190904824_331-LOA SELVI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Selvi Fakultas Ilmu Pendidikan UNM 1741042027.pdf

Download (485kB)
[img] Text
SKRIPSI SELVI (1741042027) TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2022 (fix).pdf

Download (2MB)

Abstract

Selvi. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Buku Digital Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Audio Untuk Mahasiswa Teknogi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi. Dibimbing Oleh : Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M. Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Perkembangan teknologi dalam bidang teknologi sangat penting dalam kehidupan di mana pendidikan dapat membentuk karakter sehingga dapat mengembangkan kreatifitas melalui pembelajaran yang bermanfaat. Peneliti ini dilakukan dengan menggunakan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis tingkat kebutuhan bahan ajar buku digital pengembangan media audio, 2) mengetahui validitas bahan ajar buku digital pengembangan media audio, 3) mengetahui kepraktisan bahan ajar buku digital pengembangan media audio. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/materi dan ahli desain/media, mahasiswa Teknologi Pendidikan yang berjumlah 27 orang, dan 1 orang dosen pengampuh mata kuliah pengembangan media audio. pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli isi/materi, angket ahli desain, angket uji coba perkelompok, angket uji coba perorangan, angket tanggapan dosen mata kuliah, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data secara deskriftif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi dibutuhkan, identifikasi kebutuhan materi mahasiswa yang menjawab ya berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan sedangkan yang menjawab tidak berada pada kualifikasi sangat kurang dibutuhkan. Kemudian hasil validasi isi/materi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi ahli desain berada pada kualifikasi baik, pada tahap uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik, uji coba berorangan mendapatkan kualifikasi sangat baik dan tanggapan dosen pengampuh mata kuliah pengembangan media audio berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tingkat analisis data kebutuhan produk bahan ajar buku digital pengembangan media audio berada pada kualifikasi dibutuhkan serta produk buku digital ini sudah valid dan praktis untuk digunakan. Kata Kunci : Produk, Buku Digital, Pengembangan Media Audio.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:17
Last Modified: 21 Jul 2022 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item