PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN

RAHMAT SUCIPTO FEBRIANTO (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN.

[img] Text
Jurnal - Rahmat Sucipto Febrianto.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Skripsi - Rahmat Sucipto Febrianto.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmat Sucipto Febrianto, 2021. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Di Smp Negeri 1 Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Universitas Negeri Makassar (Dosen Pembimbing: Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, SS., M.Si.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IX di SMP Negeri 1 Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Jumlah siswa yang diteliti pada kelas eksperimen adalah 28 orang dan pada kelas kontrol adalah 29 orang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode praeksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dimana dipilih atas pertimbangan jumlah siswa yang hampir sama dan kemampuan siswa relatif sama dilihat dari nilai rata-rata siswa. Hasil dari penelitian ini dapat di lihat dari nilai rata-rata posttest peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran e-learning (kelas eksperimen) sebesar 60,36 lebih besar daripada rata-rata posttest peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional (kelas kontrol) sebesar 59,13. Untuk itu dilakukan analisis statistik melalui analisis One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan antara Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas eksperimen jika dibandingkan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas kontrol. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan ELearning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas eksperimen (IX A) dengan kelas kontrol (IX C) di SMP Negeri 1 Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Kata Kunci: E-learning, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:13
Last Modified: 21 Jul 2022 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item