KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN di ERA PANDEMI COVID 19 SD INPRES JAPING KAB. GOWA TEACHER PERFORMANCE IN LEARNING IN THE ERA OF THE COVID 19 PANDEMIC SD INPRES JAPING KAB. GOWA

NUNUNG ASMUTIANTI (2022) KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN di ERA PANDEMI COVID 19 SD INPRES JAPING KAB. GOWA TEACHER PERFORMANCE IN LEARNING IN THE ERA OF THE COVID 19 PANDEMIC SD INPRES JAPING KAB. GOWA.

[img] Text
110-LOA NUNUNG ASMUTIATI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
ARTIKEL NUNUNG ASMUTIANTI 1741040010.pdf

Download (361kB)
[img] Text
SKRIPSI NUNUNG ASMUTIANTI_1741040010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Asmutianti, Nunung . 2021. Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19 Sekolah Dasar Inpres Japing Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing Oleh Dosen Pembimbing: Dr. H. Abd. Haling, M.Pd dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Makassar. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana kinerja guru dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang meliputi: (1) Bagaimana Kinerja Guru dalam proses pembelajaran pada masa Pandemi(2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru dalam proses pembelajaran masa Pandemi(3) Untuk mengetahui dampak kinerja guru pada masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif analisis sederhana model rangkaian kata yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah teori.. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2021 di Sekolah Dasar Inpres Japing. Penelitian Kinerja guru dalam proses pembelajaran di era pandemi covid 19. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Siswa, dan Orangtua Siswa dan siswa yang ada di SDI Japing. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan membuat perencanaan dan persiapan mengajar guru, penguasaan materi yang akan diajarkan siswa, penguasaan metode dan strategi mengajar, pemberian tugas-tugas kepada siswa, kemampuan mengelola kelas, kemampuan melakukan penilaian dan evaluasi. Diantara enam indikator tersebut, indikator tingkat kemampuan membuat rancangan dan persiapan mengajar yang masih perlu lebih ditingkatkan lagi. Adapun kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran online Kurangnya penguasaan teknologi dalam mengelola kelas online pada satu guru yang tidak tahu teknologi , Sulitnya melakukan penilaian proses pada saat pembelajaran daring. Fasilitas belajar peserta didik yang kurang mendukung, dan Kurangnya pendampingan orang tua terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Kata Kunci: Kinerja Guru, Pembelajaran Daring, COVID-19.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:59
Last Modified: 21 Jul 2022 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item View Item