IMPLEMENTASI GROUP CHAT MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MATA KULIAH SEMINAR PERMASALAHAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PAMERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN T.A 2018/2019 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

RESKI AMELIA (2022) IMPLEMENTASI GROUP CHAT MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MATA KULIAH SEMINAR PERMASALAHAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PAMERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN T.A 2018/2019 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (258kB)
[img] Text
RESKI AMELIA (1541041029).pdf

Download (1MB)

Abstract

Reski Amelia. 2020. Implementasi Group Chat Media Sosial sebagai Media Komunikasi Mata Kuliah Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan dan Pameran Teknologi Pendidikan pada Program Studi Teknologi Pendidikan T.A 2018/2019 Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini Dibimbing oleh Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk:1)Menggambarkan penggunaan media sosial whatsApp group chat pada mata kuliah berbasis project Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan dan Pameran Teknologi Pendidikan pada mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 semester genap Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2)Menggambarkan efektifitas, efisiensi dan keaktifan penggunaan media sosial whatsApp group chat pada mata kuliah berbasis project Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan dan Pameran Teknologi Pendidikan pada dua angkatan mahasiswa semester genap Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berlokasi di Prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar dengan responden penelitian adalah dua angkatan Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan semester genap yang sedang mengikuti mata kuliah Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan dan Pameran Teknologi Pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi pada saat perkuliahan dalam kelas maupun pada saat diskusi pembelajaran melalui media sosial WhatsApp Group Chat selama perkuliahan satu semester, kemudian dilanjutkan dengan melakukan wawancara pada 20 mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah berbasis project ini, dan melakukan Trianggulasi data pada RPS mata kuliah dan bukti obrolan group yang dijadikan ruang kelas online. Seluruh data yang diperoleh kemudian dikelompokkan sesuai dengan kelompok pengkajian data lalu dibahas berdasarkan kelompok data hasil temuan di lapangan selama penelitian. Penelitian Kualitatif Deskriptif ini menganalisis data temuan berdasarkan realitas yang terjadi selama proses penggunaan WhatsApp Group Chat pada mata kuliah berbasis project Seminar Permasalahan Teknologi Pendidikan dan Pameran Teknologi Pendidikan pada dua angkatan mahasiswa semester genap Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kata kunci : Media Sosial, WhatsApp Group Chat, Mata Kuliah Berbasis Project, Keaktifan, Efektifitas, Efisiensi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:23
Last Modified: 21 Jul 2022 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item