PENGEMBANGAN MEDIA POSTER DIGITAL TEMA BULLYING DI SMP NEGERI 4 MAKASSAR

NURSYAMSI EKA PRATIWI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER DIGITAL TEMA BULLYING DI SMP NEGERI 4 MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (148kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nursyamsi Eka Pratiwi, 2020, “Pengembangan Media Poster Digital Tema Bullying di SMP Negeri 4 Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Dr.Citra Rosalyn Anwar, S.Sos, M.Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana analisis kebutuhan media poster digital terhadap Bullying di SMP Negeri 4 Makassar, 2) Bagaimana desain media poster digital terhadap Bullying di SMP Negeri 4 Makassar, 3) Bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan media poster digital terhadap Bullying di SMP Negeri 4 Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan media poster digital terhadap Bullying di SMP Negeri 4 Makassar, 2) Mendeskripsikan desain media poster digital terhadap Bullying di SMP Negeri 4 Makassar, 3) Mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan media poster digital terhadap Bullying di SMP Negeri 4 Makassar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu jabaran dari model ADDIE yang dikembangkan oleh Lee,W.W., Owens, D.L yang kemudian diadaptasi oleh peneliti, model ADDIE ini sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang runtut. Model ini memiliki langkah-langkah yang terperinci. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: Analysis (analisa), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi/umpan balik). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media atau desain media pembelajaran, ahli isi atau materi media pembelajaran, siswa kelas VII.3 di SMP Negeri 4 Makassar dan guru Bimbingan Konseling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli media atau desain, ahli isi atau materi tersebut dapat disimpulkan bahwa media poster digital valid digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses layanan bimbingan. Hasil dari uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar, dan hasil tanggapan guru Bimbingan Konseling, maka dapat disimpulkan bahwa media poster digital yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses layanan bimbingan. Kata Kunci : Media, Poster Digital, Bullying, Bimbingan Konseling

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:20
Last Modified: 21 Jul 2022 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23986

Actions (login required)

View Item View Item