KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SDS PABRIK GULA TAKALAR

Nurrahmatullah, Anisa. (2022) KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI SDS PABRIK GULA TAKALAR.

[img] Text
ARTIKEL Anisa Nurrahmatullah.pdf

Download (622kB)
[img] Text
SKRIPSI Anisa Nurrahmatullah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurrahmatullah, Anisa. 2020. Kesiapan Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online (E-Learning) sebagai Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Swasta Pabrik Gula Takalar.. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing: Dr. Farida Febriati, S,S., M.si dan Dr. H. Abd. Haling, M. Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran online (E-Learning) di Sekolah Dasar Swasta Pabrik Gula Takalar dan mengetahui faktor yang telah memenuhi dan perlu dipertahankan serta faktor yang masih lemah dan perlu untuk ditingkatkan kembali dalam pelaksanaan E-Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 63 orang yang dalam pengumpulan datanya menggunakan instrumen angket dengan jumlah soal 35 dan juga instrumen wawancara yang digunakan untuk memperkuat hasil dari angket. Penelitian ini menggunakan enam faktor ELR yang akan diketahui kesiapannya yaitu (1) kesiapan peserta didik (2) kesiapan pendidik (3) Infrastruktur (4) dukungan managemen (5) budaya sekolah dan (6) kecenderungan tatap muka. Lokasi penelitian adalah SDS Pabrik Gula Takalar. Responden pada penelitian ini adalah kepala sekoah, guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Swasta Pabrik Gula Takalar siap mengunakan E-learning namun membutuhkan sedikit peningkatan dengan skor keseluruhan ELR 3,68. Empat dari enam faktor menunjukkan kategori siap dengan sedikit peningkatan dalam menerapkan E-learning. Empat faktor tersebut yakni Kesiapan Peserta Didik dengan skor ELR=3,64, Kesiapan Pendidik dengan skor ELR=3,90, Faktor Dukungan Managemen dengan skor ELR=4,34, dan Faktor Budaya Sekolah dengan skor ELR=4,15. Adapun dua faktor lainnya dikategorikan masih lemah dan memerlukan sedikit peningkatan yaitu Faktor Infrastruktur dengan skor ELR=3,37 dan Faktor Kecenderungan Tatap Muka dengan skor ELR=2,64. Kata kunci: Kesiapan Sekolah, Pembelajaran Online (E-Learning), ELR (E-Learning Readiness).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:15
Last Modified: 21 Jul 2022 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item View Item