PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMPN 3 PARIGI SATAP RAULO KABUPATEN GOWA

MUFLIHAH QANITA H. (2022) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMPN 3 PARIGI SATAP RAULO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL Muflihah Qanita H.pdf

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI Muflihah Qanita H.pdf

Download (3MB)

Abstract

Qanita, Muflihah. 2020. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Online Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMPN 3 Parigi Satap Raulo. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Dr. H. Abd. Haling, M.Pd) 1. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Online Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMPN 3 Parigi Satap Raulo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Online Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMPN 3 Parigi Satap Raulo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Parigi Satap Raulo kelas VIII. Penelitian ini menganalisis pemanfaatan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran berbasis online. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS serta guru mata pelajaran lain, siswa dan proses pembelajaran online. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyajikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran online yang dilakukan banyak menggunkan media pesan WhatsApp. Beberapa bentuk sumber belajar pun digunakan dalamproses pembelajaran online namun tidak semua dilakukan secara berkala. Sumber belajar mulai dari pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar semuanya telah diterapkan namun memang masih memiliki kekurangan-kekurangan dalam penerapannya pada proses pembelajaran online. Kata kunci: Pemanfaatan, Sumber Belajar, Pembelajaran Online, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:08
Last Modified: 21 Jul 2022 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item