ANALISIS IMPLEMENTASI FILM SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DISMA NEGERI 1 MAKASSAR

WINDHY EKAWARDHANI (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI FILM SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DISMA NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Windhy Ekawardhani 1641042015 TP.pdf

Download (496kB)
[img] Text
[SKRIPSI] Windhy Ekawardhani_Teknologi Pendidikan_1641042015_FIP_UNM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ekawardhani, Windhy. 2020. Analisis Implementasi Film sebagai Media Pendidikan pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Makassar.. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos, M.Si) Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah gambaran implementasi film sebagai media pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas peminatan SMA Negeri 1 Makassar serta gambaran kompetensi yang diperoleh siswa dengan menggunakan film sebagai media pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan kompetensi yang diperoleh siswa dengan menggunakan film sebagai media pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif sederhana model miles and hubermann. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Makassar kelas XI English 1 dan XI English 2 pada Semester Genap tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menganalisis berlangsungnya proses belajar mengajar menggunakan film sebagai media pendidikan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas peminatan XI English 1 dan XI English 2, siswa-siswi kelas kelas peminatan XI English 1 dan XI English 2, dan kegiatan pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film telah digunakan dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Makassar sejak tahun 2014. Film ini digunakan sebagai media untuk menyampaikan mata pelajaran Bahasa Inggris materi Narrative Text, Recount Text, dan Review Text. Melalui implementasi film dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, ada 4 komponen kemampuan yang ingin dicapai siswa yaitu membaca (reading), menulis (writing), mendengarkan (listening), dan berbicara (speaking), aspek lain yang diperoleh siswa melalui implementasi film yakni (1) kosa kata yang lebih kaya, (2) penggunaan ekspresi atau body language yang lebih tepat, (3) kemampuan menerjemahkan, serta (4) kepercayaan diri. Selain itu, sejak penggunaan film sebagai media pendidikannya, siswa-siswi SMA Negeri 1 Makassar memperoleh prestasi-prestasi dalam bidang Bahasa Inggris seperti juara lomba Debate, Storytelling, News Cast, Speech, dan Model United Nation. Kata Kunci: Film, Media Pendidikan, Bahasa Inggris, Narrative Text, Recount Text, Review Text

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:06
Last Modified: 21 Jul 2022 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item View Item