ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL(SIKOMDIG) DALAM MENERAPKAN KURIKULUM NASIONALDI SMK NEGERI 1 TAKALAR

F A J R I (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL(SIKOMDIG) DALAM MENERAPKAN KURIKULUM NASIONALDI SMK NEGERI 1 TAKALAR.

[img] Text
FAJRI_1641041018_JURNAL.pdf

Download (197kB)
[img] Text
FAJRI_1641041018_SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fajri, 2020. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunkasi Digital (SIKOMDIG) dalam Menerapkan Kurikulum Nasional di SMK Negeri 1 Takalar. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendididikan. Universitas Negeri Makassar (Dosen Pembimbing: Dr. Arnidah, S.Pd.,M.Si. dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. ) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam menerapkan Kurikulum Nasional pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Takalar. Fokus penelitian ini yakni pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Simulasi dan Komunikasi Digitial di SMK Negeri 1 Takalar. Teknik analisis data terdiri dari Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pelaksanaan analisis kompetensi pedagogik guru yang meliputi (a) Masih terdapat 2 dari 5 orang guru belum menyesuaikan KI, KD, Indikator dan tujuan pembelajaran, (b) Semua guru sudah melakukan identifikasi pengalaman awal peserta didik (brainstroming), test awal dan lainlain, (c) Semua guru sudah mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik, (d) Masih terdapat 2 dari 5 orang guru belum memilih dan menerapkan model serta metode pembelajaran sesuai karakteristik pembelajaran, (e) Maish terdapat 2 dari 5 orang guru belum mengembangkan instrumen penilaian berdasarkan tujuan pembelajaran, (f) Semua guru menyelenggarakan penilaian evaluasi proses hasil belajar dan (g) Semua guru memfasilitasi siswa dalam memanfaatkan TIK sebagai sumber belajar. Hasil pelaksanaan analisis kompetensi pedagogik guru yang meliputi (a) Semua guru menguasai penyajian struktur, konsep dan bentuk aplikasi pada mata pelajaran yang diampu, (b) Masih terdapat 2 dari 5 orang guru yang belum megembangkan materi pembelajaran yang diampu sesuai tujuan pembelajaran dan (c) Semua guru mampu memanfaatkan TIK sebagai media dalam menyajikan materi. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kurikulum Nasional, Simulasidan Komunikasi Digital

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:58
Last Modified: 21 Jul 2022 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23981

Actions (login required)

View Item View Item