PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 21 MAKASSAR

WAHYU PRATAMA PUTRA (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 21 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI - Wahyu Pratama Putra (1441040009).pdf

Download (7MB)

Abstract

Wahyu Pratama Putra. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Skripsi ini dibimbing Oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S,. M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tahap Perencanaan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Sosiologi sebagai salah satu sumber belajar di SMAN 21 Makassar ? (2) Bagaimana tahap Desain multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Sosiologi sebagai salah satu sumber belajar di SMAN 21 Makassar ? (3) Bagaimana tahap Pengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Sosiologi sebagai salah satu sumber belajar di SMAN 21 Makassar valid. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau dikenal research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Allesi dan Trolip yang terdiri dari tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pada tahap Perencanaan telah dilakukan identifikasi kebutuhan . Dan dari hasil identifikasi yang di mana hasil identifikasi peserta didik pada kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran berada pada kualifikasi kurang, sedangkan untuk kebutuhan multimedia pembelajaran interaktif berada pada kualifikasi baik. Dari hasil identifikasi kebutuhan peserta didik maka peneliti merancang multimedia pembelajaran interaktif.(2) Pada tahap desain, berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan dilakukan langkah selanjutnya yaitu, pengembangan ide/gagasan yang bertujuan untuk menentukan objek atau gagasan, analisis tugas dan konsep disertai penyusunan Flowchart untuk memperlihatkan gambaran awal mengenai rancangan multimedia, dan terakhir membuat story board.(3) Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji alpha dan uji beta. pada uji alpha, multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan menunjukkan hasil yang valid bardasarkan dari hasil validasi ahli isi/materi pembelajaran serta hasil validasi ahli media dan desain pembelajaran yang dilakukan . Kemudian menunjukkan hasil yang praktis pada proses pembelajaran berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar dan hasil tanggapan guru mata pelajaran sosiologi yang dilakukan pada uji beta. Kata kunci : Multimedia pembelajaran interaktif, Perencanaan (planning), Desain (design), Pengembangan (development), Uji alpha, Uji beta

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:54
Last Modified: 21 Jul 2022 00:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item View Item