DWI SUPRAYOGI (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI STANDAR PROSES PADA MATA PELAJARAN PPKN SMP NEGERI 35 MAKASSAR.
Text
jurnal_Dwi suprayogi 1641041007.pdf Download (522kB) |
|
Text
SKRIPSI DWI SUPRAYOGI 1641041007.pdf Download (5MB) |
Abstract
Suprayogi, Dwi. 2020. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses pada Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 35 Makassar. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing : Dr. Farida Febriati, SS, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd,. M.Si) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 di tinjau dari standar proses pada Pembelajaran PPKn SMP Negeri 35 Makassar Pada Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif sederhana model miles and hubermann. Subyek dalam Penelitian ini dilakukan di kelas VIII 1 pada Semester Ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menganalisis RPP yang disusun guru dan mengamati kegiatan belajar mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PPKn kelas VIII, siswa-siswi kelas VIII, dokumen RPP, dan kegiatan pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah memuat adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan dalam kurikulum 2013. Salah satu elemen perubahan yang penting terdapat dalam kurikulum 2013 adalah standar proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan yang termuat dalam kurikulum adalah melalui proses pembelajaran. Oleh karena itu, gambaran mengenai implementasi kurikulum 2013 di tinjau dari standar proses itu penting dilakukan untuk melakukan kajian untuk sebagai acuan bagi semua sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 contohnya pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 35 Makassar Guru menggunakan metode metode campuran dalam proses pembelajaran seperti srategi saintifik serta metode promble basic learning dan discovery learning. Namun, guru memberikan variasi melalui proses pembelajaran sehingga dapat memfasilitasi siswa dan mampu mengembangkan karakter siswa sesuai ciri khas dari pembelajaran PPKn. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Standar Proses, Saintifik, Problem Basic Learning, Discovery Learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23979 |
Actions (login required)
View Item |