PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASITERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIISMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU

IMRAN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASITERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIISMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SKRIPSI IMRAN PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

IMRAN 2019. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru. Skripsi dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd,.M.Si dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui Penggunaan Media Presentasi dalam proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa mata pelajaran Biologi pada kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru (3) Untuk mengetahui pengaruh media presentasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pujiananting Kabupaten Barru berjumlah 72 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas VIIa dan kelas VIIb yang berjumlah 50 siswa. Dimana 25 siswa kelas kontrol yaitu kelas VIIa dan 25 siswa kelas eksperimen yaitu kelas VIIb dengan tehnik pengambilan sampel yaitu Cluster Sampling (Area Sampling). Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel yakni 2,99880 > 1,67722 pada taraf signifikasi 5% menunjukan ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Presentasi terhadap mata pelajaran Biologi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:57
Last Modified: 20 Jul 2022 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23972

Actions (login required)

View Item View Item