PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN DI PRODI TEKNOLOGIPENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

MUHAMMAD FARIED ZAKARIA (2022) PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN DI PRODI TEKNOLOGIPENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Muhammad Faried Zakaria.pdf

Download (362kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Muhammad Faried Zakaria. 2019. Pengembangan Blended Learning Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H., S. Pd., M. Si, dan Dr. Abdul Hakim, S. Pd., M. Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan Blended Learning pada Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang valid dan praktis ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Blended Learning pada Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) Blended Learning pada Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yang diadaptasi ke 3D dari model pengembangan M. Alessi dan Stanley R. Trollip yaitu melalui tahap define (perencanaan), design (desain) dan development (pengembangan). Subjek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan yang berjumlah tiga puluh dua orang. Sedangkan objek penelitian yang diteliti adalah pengembangan Blended Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawanacara. Kelebihan Blended Learning yaitu mengkombinasikan pembelajaran di kelas dan e-learning dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik, mahasiswa lebih aktif, mandiri dan semangat dalam belajar, serta terjadinya pembelajaran jarak jauh tanpa harus berada di ruangan yang sama. Hasil yang dicapai dalam pengembangan Blended Learning menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa Blended Learning yang dihasilkan valid. Hasil uji coba perorangan menunjukkan hasil kualifikasi sangat baik dan mahasiswa termotivasi untuk belajar, uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil kualifikasi baik dan mahasiswa menyukai Blended Learning untuk bisa diterapkan pada kegiatan perkuliahan, serta tanggapan dosen mata kuliah menunjukkan bahwa Blended Learning yang dihasilkan valid dan praktis. Hasil dari penelitian ini adalah produk Blended Learning yaitu penggabungan pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka. Blended Learning ini juga bersifat fleksibel dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Kata kunci : Blended Learning, Kapita Selekta Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:53
Last Modified: 20 Jul 2022 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23971

Actions (login required)

View Item View Item