PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI BERBASIS AUGMENTEDREALITY PADA MATA PELAJARAN IPAKELAS VI MI DDI KALUKUANG MAKASSAR

REINALDI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI BERBASIS AUGMENTEDREALITY PADA MATA PELAJARAN IPAKELAS VI MI DDI KALUKUANG MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (501kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Reinaldi 2019. Pengembangan Media Simulasi Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI MI DDI Kalukuang Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji pengembangan media simulasi berbasis augmented reality pada pembelajaran yang monoton dan membuat siswa bersikap pasif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kebutuhan medi simulasi berbasis augmented reality, bagaimana gambaran desain media simulasi berbasis augmented reality, dan bagaimana validitas dan kepraktisan media simulasi berbasis augmented reality pada mata pelajaran IPA kelas VI MI DDI Kalukuang Makassar? Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kebutuhan medi simulasi berbasis augmented reality, bagaimana gambaran desain media simulasi berbasis augmented reality, dan bagaimana validitas dan kepraktisan media simulasi berbasis augmented reality pada mata pelajaran IPA kelas VI MI DDI Kalukuang Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) terhadap media pembelajaran terkhusus pada media simulasi. Model pengembangan yang digunakan yaitu diadaptasi dari model pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip yaitu melalui tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas VI yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara pembicaraan informal. Hasil dari penelitian ini adalah media simulasi berbasis augmented reality memenuhi kebutuhan media berdasarkan hasil analisis kebuthan. Hasil yang dicapai dalam pengembangan media simulasi menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa media simulasi berbasis augmented reality yang dihasilkan valid. Hasil uji coba perorangan menunjukan hasil sangat baik dan siswa termotivasi untuk belajar, uji coba kelompok kecil menunjukan hasil sangat baik dan siswa dapat melihat objek dari hewan dan tumbuhan yang dipelajari, serta tanggapan guru mata pelajaran menunjukkan bahwa media simulasi berbasis augmented reality yang dihasilkan dinyatakan praktis. Kelebihan media simulasi berbasis augmented reality yaitu dapat memecahkan salah satu masalah dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar karena memadukan teori dan animasi diwaktu yang bersamaan dan tentunya lebih menyengkan, Kata kunci : Media simulasi, augmented reality, ciri khusus makhluk hidup

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:41
Last Modified: 20 Jul 2022 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23969

Actions (login required)

View Item View Item