PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 8.0 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA

AAN AMAR SAKTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 8.0 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA.

[img] Text
AAN AMAR SAKTI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
flash.html

Download (706B)
[img] Text
index.html

Download (23kB)

Abstract

AAN AMAR SAKTI. 2020. Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8.0 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Skripsi ini dibimbing Oleh Dr. Pattaufi. M.Si. dan Dr. Abdul hakim. M.Si Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Mengetahui tingkat kebutuhan media evaluasi dengan menggunakan aplikasi iSpring suite 8.0 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. (2) Untuk mengetahui prototype media evaluasi dengan menggunakan aplikasi iSpring suite 8.0 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. (3) Untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media evaluasi dengan menggunakan aplikasi iSpring suite 8.0 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja.. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Tanete Riaja dengan responden penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja yang sedang mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Allesi dan Trollip yakni melalui langkahlangkah perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development). Uji coba produk dilakukan dengan memberikan angket kepada 2 orang ahli yakni ahli media dan ahli isi/materi dalam uji alpha untuk mengetahui bobot validitas produk kuis interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Serta kepada kelompok kecil yakni 5 siswa, kelompok besar yakni 22 siswa semester 1 dan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam uji betha untuk mengetahui bobot kepraktisan produk kuis interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk kuis interaktif yang valid,praktis dan efektif digunakan sebagai alat tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci : Media evaluasi, iSpring suite 8.0.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:32
Last Modified: 20 Jul 2022 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item