PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELASVII DI MTs AL-QALAM TEPPO KABUPATEN MAJENE

JUFRI (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELASVII DI MTs AL-QALAM TEPPO KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
0. SAMPUL.pdf

Download (25kB)
[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (493kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
4. Pernyataan keaslian Skripsi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
5. Motto.pdf

Download (272kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7. Prakata.pdf

Download (371kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (259kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (191kB)
[img] Text
11. Analisis Data Statistik.pdf

Download (706kB)
[img] Text
12. Titik Persentase Distribusi t.pdf

Download (293kB)
[img] Text
13. Dokumentasi.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (16kB)

Abstract

Jufri. 2019. Pengaruh pemanfaatan Media Trendy Flash terhdap hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII di MTs Al-Qalam Teppo Kabupaten Majene. Skripsi Dibimbing oleh Dr. H. Abd. Haling, M.Pd. dan Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana gambaran pembelajaran PKn kelas VII MTs Al-Qalam Teppo dengan menggunakan media Trendy Flash?; 2) Bagaimana gamabaran hasil belajar siswa dalam pemanfaatan media Trendy Flash pada mata pelajaran PKn kelas VII di MTs Al-Qalam Teppo?; 3) Apakah ada pengaruh Pemanfaatan media Trendy Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VII MTs Al-Qalam Teppo?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII di MTs Al-Qalam Teppo Kab. Majene tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 65 siswa, terdiri atas 38 siswa berjenis kelamin perempuan dan 27 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A dan VII B yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VII A dan VII B, kedua kelas ini memiliki jumlah siswa yang sama dan memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, serta umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Dari hasil undian maka keluarlah kelas VII A yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah sama yaitu 21 siswa sebagai kelas kontrol, kedua kelas ini kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung> ttabel pada taraf signifikasi 5% menunjukan ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media presentasi Trendy Flash terhadap mata pelajaran PKn pada siswa kelas VII di MTs Al-Qalam Teppo

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:28
Last Modified: 20 Jul 2022 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23966

Actions (login required)

View Item View Item