PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PINRANG

ALAM SYAH T (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PINRANG.

[img] Text
ALAM SYAH T.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alam Syah T. 2019. Pengaruh Pembelajaran berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pinrang. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana gambaran Pembelajaran berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pinrang?; 2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pinrang?; 3) Apakah ada pengaruh Pengaruh Pembelajaran berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pinrang?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pinrang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 159 siswa, terdiri atas 98 siswa berjenis kelamin perempuan dan 61 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.A 2 dan X.A 4 yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil belajar pada kelas X.A 2 dan X.A 4, kedua kelas ini memiliki jumlah siswa yang sama dan memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, serta umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Dari hasil undian maka keluarlah kelas X.A 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.A 4 yang berjumlah sama yaitu 30 siswa sebagai kelas kontrol, kedua kelas ini kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung> ttabel pada taraf signifikasi 5% menunjukan ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Pembelajaran berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pinrang. Kata Kunci: e-learning, hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:59
Last Modified: 20 Jul 2022 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23963

Actions (login required)

View Item View Item