PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADAMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 12 WAJO KABUPATEN WAJO

ANDI RAMPENG (2022) PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADAMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 12 WAJO KABUPATEN WAJO.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (857kB)

Abstract

Andi Rampeng. 2019. Pengaruh Penerapan Media Windows Movie Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 12 Wajo Kabupaten Wajo. Skripsi Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M.Pd dan .Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan media video pembelajaran dengan aplikasi Windows Movie Maker pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 12 Wajo?; 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran dengan aplikasi Windows Movie Maker pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 12 Wajo?; 3) Apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran dengan aplikasi Windows Movie Maker pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 12 Wajo?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 12 Wajo Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 146 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X1 dan X2 yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil belajar pada kelas X1 dan X2 sebelum pemberian perlakuan (treatment) , memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama yaitu pada kelas X1 sebesar 53,703 masuk dalam kategori kurang dan pada kelas X2 sebesar 54,629 masuk dalam kategori kurang dan kedua kelas ini memiliki jumlah siswa yang sama. Selanjutnya peneliti menetapkan secara random sampling atau acak, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol, kedua kelas ini kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa: 1) langkah-langkah evaluasi proses (observasi) dilakukan melalui observasi terhadap guru dan siswa. Pada kelas eksprimen hasil observasi berada pada kategori baik sekali. 2) gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, dengan menggunakan tes, yaitu posttest berada pada kategori baik sekali. 3) terdapat pengaruh penerapan media video pembelajaran menggunakan aplikasi Windows Movie Maker terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 12 Wajp. Hasil penelitian berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% menunjukan ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:57
Last Modified: 20 Jul 2022 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23962

Actions (login required)

View Item View Item