HAIRUL (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE 8 PADAMATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BANTAENG.
Text
1. SAMPUL SKRIPSI.rtf Download (1MB) |
|
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI.rtf Download (354kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN_UJIAN_SKRIPSI.rtf Download (363kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi.rtf Download (55kB) |
|
Text
5. MOTO & peruntukan.rtf Download (41kB) |
|
Text
6. Abstrak.rtf Download (71kB) |
|
Text
7. Prakata.rtf Download (120kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.rtf Download (139kB) |
|
Text
9. DAFTAR BAGAN.rtf Download (39kB) |
|
Text
10.DAFTAR TABEL.rtf Download (48kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (140kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (193kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (457kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (70kB) |
|
Text
10. Produk.rtf Download (80MB) |
|
Text
11. DOKUMENTASI.rtf Download (354MB) |
|
Text
12. RIWAYAT HIDUP.rtf Download (223MB) |
Abstract
Hairul. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Dengan Menggunakan Aplikasi iSpring Suite 8 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Di SMA Negeri 2 Bantaeng. Skripsi Ini Dibimbing Oleh Dr.H.Abdul Haling, M.Pd. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar. S.Sos.,M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian pengembangan ini bertujuan: Untuk mengetahui tahap pengembangan instrumen penilaian yang valid dan praktis dengan menggunakan aplikasi iSpring Suite 8 pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng. Adapun langkah-langkahnya (1)Tahapan Pendefenisian ini dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pengembangan. Dalam model ini, tahap ini sering dinamakan analisis kebutuhan. Tiap-tiap produk tertentu membutuhkan analisis yang berbeda-beda. Tujuan pembelajaran dan kompetensi yang hendak diajarkan telah dirumuskan oleh peneliti dan guru. Hal ini berguna untuk membatasi peneliti supaya tidak menyimpang dari tujuan semula pada saat mereka sedang membuat produk. (2)Tahap Perancangan bertujuan untuk merancang Instrumen penilaian. Dalam tahap ini ada langkah langkah yang meliputi:(a)Menyiapkan Kerangka Konseptual yang akan dijadikan evaluasi pembelajaran, inilah yang menjadi acuan unuk menciptakan suatu produksi dan pengembangan instrument penilaian. Kerangka konseptual yang akan dibuat harus sesuai dengan jenis media yang akan digunakan.(b)Mendesain produk yang validdalam prosespenilaian pembelajaran agar peserta didik lebih semangat dalam melakukan proses evaluasi pembelajaran.(3)Tahap Pengembangan ini terbagoi dalam dua kegitan yaitu: expert appraisal dan developmental testing. Expert appraisal merupakan teknik untuk memvalidasi atau menilai kelayakan rancangan produk. Development testing merupakan kegiatan uji coba rancangan produk pada sasaran subjek yang sesungguhnya.Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 2 Bantaeng, dengan responden penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 yang sedang belajar mata pelajaran Biologi dan guru mata pelajaran Biologi. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Uji coba produk dilakukan dengan memberikan angket kepada 2 orang ahli yakni ahli media dan ahli isi/materi untuk mengetahui bobot validitas produk instrumen penilaian pada mata pelajaran Biologi. Serta kepada kelompok kecil yakni 6 siswa, kelompok besar yakni 28 siswa dan kepada guru mata pelajaran Biologi untuk mengetahui bobot kepraktisan produk instrumen penilaian pada mata pelajaran Biologi. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk instrumen penilaian yang valid dan praktis digunakan sebagai alat tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 05:49 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 05:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23961 |
Actions (login required)
View Item |