PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADAMATA PELAJARAN BAHASA DAERAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 WATANSOPPENG

IRMA WARDANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADAMATA PELAJARAN BAHASA DAERAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 WATANSOPPENG.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (139kB)
[img] Text
skripsi.pdf

Download (7MB)

Abstract

IRMA WARDANI, 2019, “Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Watansoppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd..; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami materi pelajaran Bahasa Daerah. Rumusan masalah adalah “Apakah media video pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada mata pelajaran Bahasa Daerah kelas VIII di SMP Negeri 3 Watansoppeng?.” Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media video pembelajaran yang dikembangkan valid atau tidak dan praktis atau tidak digunakan pada mata pelajaran Bahasa Daerah kelas VIII di SMP Negeri 3 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model yang dikembangkan oleh Arifin (2014: 129-132), karena model ini sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang relatif sederhana serta memiliki sub komponen yang dijelaskan secara detail mengenai subjek penelitian. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan media video pembelajaran sebab model ini membahas secara khusus setiap komponen dari media. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan hasil. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media atau desain pembelajaran, ahli isi atau materi media pembelajaran, siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng serta tanggapan guru mata pelajaran Bahasa Daerah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli media dan desain serta ahli isi/materi tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran valid digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil dari tanggapan siswa dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Daerah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:38
Last Modified: 20 Jul 2022 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item