PENGARUH WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAPKEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKANTEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR

SUPRI YANTO (2022) PENGARUH WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAPKEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKANTEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR.

[img] Text
Supri Yanto 1541041003.pdf

Download (2MB)

Abstract

SUPRI YANTO, 2019, “Pengaruh Workshop Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 26 Makassar.” Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M.Pd dan Dr. Arnidah, S. Pd, M. Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu media yang digunakan oleh guru masih kurang inovatif, guru menggunakan media presentasi powerpoint namun dalam penggunaannya guru kurang memaksimalkan penggunaan fitur – fitur yang terdapat dalam Microsoft Office PowerPoint sehingga media yang dibuat oleh guru kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran pelaksanaan workshop media pembelajaran?”, “Bagaimanakah gambaran kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi?”, “Apakah ada pengaruh workshop media pembelajaran terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi?”. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan pelaksanaan workshop media pembelajaran, menggambarkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh workshop media pembelajaran terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif desain deskriptif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah guru yang berjumlah 23 orang, terdiri atas 18 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi yaitu 23 orang yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sempel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive yaitu pengambilan sampel bukan didasarkan pada strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan workshop media pembelajaran menunjukkan sangat efektif berdasarkan hasil observasi narasumber dan peserta pelatihan. Hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1= Ada Pengaruh Workshop Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 26 Makassar. SUPRI YANTO, 2019, “Pengaruh Workshop Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 26 Makassar.” Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M.Pd dan Dr. Arnidah, S. Pd, M. Si; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu media yang digunakan oleh guru masih kurang inovatif, guru menggunakan media presentasi powerpoint namun dalam penggunaannya guru kurang memaksimalkan penggunaan fitur – fitur yang terdapat dalam Microsoft Office PowerPoint sehingga media yang dibuat oleh guru kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran pelaksanaan workshop media pembelajaran?”, “Bagaimanakah gambaran kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi?”, “Apakah ada pengaruh workshop media pembelajaran terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi?”. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan pelaksanaan workshop media pembelajaran, menggambarkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh workshop media pembelajaran terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif desain deskriptif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah guru yang berjumlah 23 orang, terdiri atas 18 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi yaitu 23 orang yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sempel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive yaitu pengambilan sampel bukan didasarkan pada strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan workshop media pembelajaran menunjukkan sangat efektif berdasarkan hasil observasi narasumber dan peserta pelatihan. Hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1= Ada Pengaruh Workshop Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 26 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:35
Last Modified: 20 Jul 2022 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item View Item