PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KESENIAN (SENI TARI) KELAS VIII SMP PGRI 1 TAMALATE MAKASSAR

NURHIKMAH RASYID (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KESENIAN (SENI TARI) KELAS VIII SMP PGRI 1 TAMALATE MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL HK.docx

Download (49kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (93kB)
[img] Text
3. .PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. DAFTAR BAGAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.docx

Download (14kB)
[img] Text
11. BAB I-III.docx

Download (98kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
15. dokumentasi.docx

Download (15MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (82kB)

Abstract

NURHIKMAH RASYID, 2018, Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kesenian (Seni Tari) kelas VIII SMP PGRI Tamalate Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H. S.Pd M.Si dan Dr. Pattaufi S.Pd M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami materi pelajaran Kesenian. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini bagaimana mengembangkan media video pembelajaran yang valid dan praktis ? Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video pembelajaran yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Model rancangan yang digunakan dari model pengembangan Sugiyono (2011:408) yang terdiri dari sepuluh tahap yaitu Identifikasi Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan, 1 orang ahli media dan desain, 1 orang ahli materi dan 2 orang guru mata pelajaran Kesenian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes pengetahuan awal dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli media dan desain serta ahli isi/materi tersebut serta hasil dari uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta hasil dari tanggapan guru mata pelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:46
Last Modified: 20 Jul 2022 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23955

Actions (login required)

View Item View Item