PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE FOCUSKY PADAMATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTAENG

RUDINI (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE FOCUSKY PADAMATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTAENG.

[img] Text
1.SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (42kB)
[img] Text
2.PERSETUJUAN PEMBIMBING tutup.docx

Download (43kB)
[img] Text
3.PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
4.Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (15kB)
[img] Text
5.MOTO & peruntukan.docx

Download (14kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
7.PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
8.DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
9.DAFTAR BAGAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
10.DAFTAR TABEL.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
15.REVISI PRODUK.docx

Download (17kB)
[img] Text
14.NILAI KETUNTASAN HASIL BELASAR TES AKHIR.docx

Download (19kB)
[img] Text
17.DOKUMENTASI.docx

Download (18kB)

Abstract

Rudini, 2018, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Focusky Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Citra Rosalyn Anwar, M.Si dan juga Dr. Abdul Hakim, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sosiologi dengan pokok pembahasan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Bantaeng yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 112 siswa. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 28. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi media berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, hasil Kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil belajar tes awal sebelum menggunakan multimedia interaktif pembelajaran menunjukkan kriteria sangat rendah dan Hasil belajar tes akhir setelah menggunakan multimedia interaktif pembelajaran menunjukkan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang dikembangkan ini valid, praktis, efektif serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI SMAN 2 Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:39
Last Modified: 20 Jul 2022 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23954

Actions (login required)

View Item View Item