PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI FILMORA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 9 MAKASSAR

UMAR HATTA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI FILMORA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 9 MAKASSAR.

[img] Text
1141040043 UMAR HATTA.pdf

Download (11MB)

Abstract

UMAR HATTA, 2018, Pengembangan Video Pembelajaran Aplikasi Filmora Mata Pelajaran IPA Biologi Siswa Kelas XI SMAN 9 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Febriati, S.S, M.Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran padamata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 9 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi dengan pokok pembahasan Sistem Reproduksi Manusia. Model rancangan yang digunakan diadaptasi darimodel pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Makassar yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 172 siswa. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1 dengan jumlah siswa 34. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Pengembang merancang media video pembelajaran dengan berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan melalui hasil identifikasi kebutuhan siswa yang dilakukan kepada 34 siswa yang bertujuan untuk mengetahui kondisi proses pembelajaran didaptkan hasil rerate 45,1% berada pada kualifikasi sangat kurang sehingga ini akan menjadi pertimbangan pengembang dalam mendesain media pembelajaran. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi tingkat pencapaian bahan ajar 91% menunjukkan bahan ajar berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli desain pembelajaran menunjukkan presentase tingkat pencapaian 95% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan rerate presentase media video pembelajaran sebesar 92% berada pada kualifikasi sangat baik, dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran presentase tingkat pencapaian bahan ajar 96% menunjukkan bahan ajar berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media video yang dikembangkan ini valid dan praktis serta layak digunakan sebagai alternative media pembelajaran pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 9 Makassa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:30
Last Modified: 20 Jul 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23953

Actions (login required)

View Item View Item