PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE BIODIGITAL HUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 ENREKANG

ABDUL KAHAR S (2022) PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE BIODIGITAL HUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 ENREKANG.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abdul Kahar S. 2018. Pengaruh Penggunaan Website Biodigital Human Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan website Biodigital Human terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Enrekang”. Pendekatan yang dipilih dalam skripsi ini yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen yang bersifat komparatif yang membandingkan hasil pretest dan posttest dalam satu kelompok eksperimen (One Group). Populasi dalam skripsi ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Enrekang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 93 siswa, terdiri atas 50 siswa berjenis kelamin perempuan dan 43 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam skripsi ini yaitu kelas VIII A yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VIII, nilai ratarata hasil belajar pada kelas VIII A tergolong masih rendah. Maka kelas VIII A yang brejumlah 22 siswa kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan website Biodigital Human terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan website Biodigital Human pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII SMP Negeri 5 Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:18
Last Modified: 20 Jul 2022 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23943

Actions (login required)

View Item View Item