PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII SMP NEGERI 19 MAKASSAR

Nurhelfasari (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII SMP NEGERI 19 MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (20kB)
[img] Text
MOTTO DAN ABSTRAK helfa.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 1 helfa.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB 2 helfa.doc

Download (111kB)
[img] Text
BAB 3 helfa.doc

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
ANALISIS DATA STATISTIK.docx

Download (36kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUPhelfa.doc

Download (117kB)

Abstract

Nurhelfasari. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII SMP Negeri 19 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdul Haling, M.Pd dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Program Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian dalam penelitian ini yaitu “apakah ada pengaruh media mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas VIII di SMP Negeri 19 Makassar?. Tujuan dari penelitian ini yaitu “apakah ada pengaruh media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas VIII di SMP Negeri 19 Makassar”. Pendekatan yang dipilih yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas VIII tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 175 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu dengan alasan keterbatasan waktu, tenaga sehingga tidak dapat mengambil sampel yang besar dan jauh. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII E. teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan media Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran PKN pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 19 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:14
Last Modified: 20 Jul 2022 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23942

Actions (login required)

View Item View Item