PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI FOCUSKY BERBASIS MEDIA PRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS VIII DI SMPN 3 BELOPA KABUPATEN LUWU

FERRY SETIAWAN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI FOCUSKY BERBASIS MEDIA PRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS VIII DI SMPN 3 BELOPA KABUPATEN LUWU.

[img] Text
1. Sampul.doc

Download (51kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing.doc

Download (43kB)
[img] Text
3. Pernyataan keaslian Skripsi.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. Motto.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. Abstrak .docx

Download (15kB)
[img] Text
6. Prakata.docx

Download (26kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
11. Analisis Data Statistik.docx

Download (24kB)
[img] Text
12. Titik Persentase Distribusi t.docx

Download (20kB)
[img] Text
13. Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (54kB)

Abstract

Ferry Setiwan. 2018. Pengaruh penggunaan aplikasi Focusky berbasis media presentasi terhdap hasil belajar siswa pada Mata pelajaran bahasa indonesia Kelas viii di smpn 3 belopa Kabupaten luwu. Skripsi Dibimbing oleh .Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata peajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 3 Belopa dengan menggunakan media presentasi Focusky?; 2) Apakah ada pengaruh penggunaan media presentase terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri3 Belopa?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Belopa Kab. Luwu tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 117 siswa, terdiri atas 56 siswa berjenis kelamin perempuan dan 61 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 1 dan VIII 2 yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VIII 1 dan VIII 2, kedua kelas ini memiliki jumlah siswa yang sama dan memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, serta umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Dari hasil undian maka keluarlah kelas VIII 1 yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 yang berjumlah sama yaitu 21 siswa sebagai kelas kontrol, kedua kelas ini kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung> ttabel pada taraf signifikasi 5% menunjukan ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media presentasi Focusky terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Belopa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:06
Last Modified: 20 Jul 2022 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23940

Actions (login required)

View Item View Item