MUH. ARHAM ARIF (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMIC LIFE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAHKELAS VII DI SMP NEGERI 1 PANGKEPKABUPATEN PANGKEP.
Text
0. sampul depan OK.doc Download (45kB) |
|
Text
1. SAMPUL II.doc Download (47kB) |
|
Text
2. Persetujuan dan pengesahan.docx Download (478kB) |
|
Text
4. Pernyataan keaslian skripsi.docx Download (14kB) |
|
Text
5.MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
7. prakata arham OK.docx Download (17kB) |
|
Text
8.DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
9. daftar tabel.docx Download (14kB) |
|
Text
11. daftar gambar.docx Download (15kB) |
|
Text
11. daftar lampiran.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (54kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (107kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (28kB) |
|
Text
9.ANALISIS DATA STATISTIK.docx Download (27kB) |
|
Text
11Dokumentasi saat menggunakan media comic life.docx Download (1MB) |
|
Text
Artikel.doc Download (72kB) |
Abstract
Muh. Arham arif. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Comic Life terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Pangkep pada mata pelajaran IPS Sejarah. Skripsi dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.pd, M.Si. dan Dr. Abdul Hakim, M.Si Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Bagaimanakah gambaran penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran IPS Sejarah, dan bagaimanakah gambaran penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran IPS Sejarah, dan apakah ada pengaruh penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Pangkep. metode yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experimen design, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 336 siswa dan sampel berjumlah 72 orang siswa yang terdiri dari 36 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan sebagai kelas VII GAJAHMADA dan 36 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VII ALJABAR. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. 1) Gambaran penggunaan media Comic Life berada pada kategori efektif yaitu pertemuan I 72.22% pertemuan II 79.72% pertemuan III 85.55%. 2) gambaran hasil belajar siswa dalam penggunaan media Comic Life, hasil posttest kelas eksperimen memiliki lebih banyak siswa yang berada pada kategori baik sedangkan kelas kontrol terdapat siswa yang berada pada kategori cukup. 3) Pengaruh penggunaan media Comic Life terhadap siswa diperoleh hasil nilai rata-rata 84,86. pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung lebih besar atau sama dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 7% dengan db tertentu. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media Comic Life terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pangkep pada mata pelajaran IPS Sejarah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:58 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23939 |
Actions (login required)
View Item |