HUSRIADI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO-VISUAL (VIDEO) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 11 PANGKEP.
Text
1.SAMPUL OK.docx Download (47kB) |
|
Text
1.SAMPUL SKRIPSI.docx Download (46kB) |
|
Text
2.Persetujuan Pembimbing TTD 3.doc Download (67kB) |
|
Text
3.PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc Download (28kB) |
|
Text
4.Pernyataan Keaslian Skripsi.docx Download (18kB) |
|
Text
5.MOTO.docx Download (16kB) |
|
Text
6.ABSTRAK.docx Download (22kB) |
|
Text
7.PRAKATA.docx Download (19kB) |
|
Text
8.DAFTAR ISI.docx Download (28kB) |
|
Text
9.DAFTAR BAGAN.docx Download (16kB) |
|
Text
10.DAFTAR TABEL.docx Download (18kB) |
|
Text
11.DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
Text
12.BAB I.docx Download (39kB) |
|
Text
13.BAB II.docx Download (74kB) |
|
Text
14.BAB III.docx Download (133kB) |
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA.docx Download (26kB) |
|
Text
26.MEDIA PEMBELAJARAN.docx Download (3MB) |
|
Text
27.Dokumentasi.docx Download (2MB) |
|
Text
29.RIWAYAT HIDUP.docx Download (48kB) |
|
Text
Artikel.docx Download (35kB) |
Abstract
Husriadi, 2018, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Haling, M.Pd dan juga Dr. Abdul Hakim, M.Si. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tahap identifikasi kebutuhan dan desain bahan ajar berbasis audio-visual (video), serta bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah dengan pokok pembahasan proses islamisasi di Indonesia. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Pangkep yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 302 peserta didik. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X Phytagoras dengan jumlah peserta didik 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi oleh ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis audio-visual (video) berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi oleh ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi bahan ajar berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, hasil uji Kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis audio-visual (video) yang dikembangkan ini valid dan praktis, serta layak untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada mata pelajaran Sejarah kelas X SMA Negeri 11 Pangkep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23936 |
Actions (login required)
View Item |