PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO-VISUAL (VIDEO) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 11 PANGKEP

HUSRIADI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO-VISUAL (VIDEO) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 11 PANGKEP.

[img] Text
1.SAMPUL OK.docx

Download (47kB)
[img] Text
1.SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (46kB)
[img] Text
2.Persetujuan Pembimbing TTD 3.doc

Download (67kB)
[img] Text
3.PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc

Download (28kB)
[img] Text
4.Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (18kB)
[img] Text
5.MOTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
7.PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
8.DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
9.DAFTAR BAGAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
10.DAFTAR TABEL.docx

Download (18kB)
[img] Text
11.DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
12.BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
13.BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
14.BAB III.docx

Download (133kB)
[img] Text
17.DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
26.MEDIA PEMBELAJARAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
27.Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
29.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)
[img] Text
Artikel.docx

Download (35kB)

Abstract

Husriadi, 2018, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Haling, M.Pd dan juga Dr. Abdul Hakim, M.Si. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tahap identifikasi kebutuhan dan desain bahan ajar berbasis audio-visual (video), serta bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah dengan pokok pembahasan proses islamisasi di Indonesia. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Pangkep yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 302 peserta didik. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X Phytagoras dengan jumlah peserta didik 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi oleh ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis audio-visual (video) berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi oleh ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi bahan ajar berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, hasil uji Kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis audio-visual (video) yang dikembangkan ini valid dan praktis, serta layak untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada mata pelajaran Sejarah kelas X SMA Negeri 11 Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:31
Last Modified: 20 Jul 2022 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23936

Actions (login required)

View Item View Item