PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU

DEDY MOSES (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU.

[img] Text
Skripsi Dedy Moses (1241041033).pdf

Download (2MB)

Abstract

DEDY MOSES. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Program Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Arnidah S.Pd, M.Si dan Prof. Dr. Amir M.Pd, Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting, Kabupaten Barru ?. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi dalam skripsi ini ialah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 79 siswa, terdiri atas 43 siswa berjenis kelamin perempuan dan 36 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam skripsi ini yaitu kelas VII B dan VII C yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VII B dan VII C, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, jumlah siswa, dan umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perubahan yang lebih baik. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan media pembelajaran program Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:16
Last Modified: 20 Jul 2022 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23934

Actions (login required)

View Item View Item