PENGGUNAAN PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID TUNARUNGU

MEGAWATI (2022) PENGGUNAAN PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID TUNARUNGU.

[img] Text
ARTIKEL MEGAWATI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
SKRIPSI MEGAWATI.pdf

Download (31MB)

Abstract

MEGAWATI, 2022. Penggunaan Playdough Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Murid Tunarungu. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Triyanto Istiwaluyo, M.Pd dan Dr. Mustafa, M.Si; Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis permulaan pada murid Tunarungu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan playdough dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid Tunarungu?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah Kemampuan menulis permulaan pada murid Tunarungu sebelum penggunaan playdough. 2) Bagaimana Kemampuan Menulis Permulaan Pada Murid Tunarungu setelah penggunaan playdough. 3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid tunarungu melalui playdough. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumetasi. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang Murid Tunarungu kelas II Di SLB Negeri 1 Makassar yang berinisial A, AIA, MA, dan AM. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian Deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid tunarungu kelas II Di SLB Negeri 1 Makassar setelah penggunaan Playdough. Terdapat meningkatan kemampuan menulis permulaan pada tunarungu melalui Playdough yaitu dari kategori sangat kurang meningkatkan menjadi kategori Baik sekali. Kata kunci: kemampuan Menulis Permulaan, Playdough, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:50
Last Modified: 20 Jul 2022 00:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item View Item