PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMIC LIFE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BULUKUMBA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH

MUH. ANDI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMIC LIFE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BULUKUMBA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH.

[img] Text
Skripsi lengkap.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muh. Andi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Comic Life terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba pada mata pelajaran IPS Sejarah. Skripsi dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. dan Dr. Nurhikmah, H. S.Pd, M.Si Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Bagaimanakah gambaran penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran IPS Sejarah, dan bagaimanakah gambaran penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran IPS Sejarah, dan apakah ada pengaruh penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran IPS Sejarah di SMA Negeri 9 Bulukumba. metode yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experimen design, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 96 siswa dan sampel berjumlah 67 orang siswa yang terdiri dari 31 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan sebagai kelas XI IS 2 dan 31 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas XI IS 3. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. 1) Gambaran penggunaan media Comic Life pada mata pelajaran sejarah pada pokok bahasan kerajaan-kerajaan besar masa Hindu-Budha di Indonesia berada pada kategori efektif. 2) gambaran hasil belajar mata pelajaran Sejarah menggunakan media Comic Life dalam proses pembelajaran membuat hasil belajar menjadi lebih menyenangkan, membuat siswa menjadi lebih memperhatikan materi yang akan dipelajari dan hal ini mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan penyerapan materi menjadi lebih mudah. 3) Ada pengaruh penggunaan media Comic Life terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Bulukumba menjadi lebih baik. pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung lebih besar atau sama dengan nilai ttabel pada taraf signifikan dengan db tertentu. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media Comic Life terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Bulukumba pada mata pelajaran IPS Sejarah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 05:34
Last Modified: 19 Jul 2022 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23921

Actions (login required)

View Item View Item