UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISIPLINBELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 SELAYAR

Leni Apriani (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISIPLINBELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 SELAYAR.

[img] Text
JURNAL LENI APRIANI 1743042002.pdf

Download (638kB)
[img] Text
SKRIPSI LENI APRIANI_1743042002 FIKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Leni Apriani, 2022. Upaya guru dalam mengatasi disiplin belajar siswa selama masa pandemi covid 19 di SMA Negeri 8 Selayar. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsu Kamaruddin, M.Si dan Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Guru dalam Mengatasi Disiplin Belajar Siswa selama Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 8 Selayar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi disiplin belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 8 Selayar dan untuk mengetahui faktor penghambat yang mempengaruhi disiplin belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 8 Selayar. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan upaya guru dalam mengatasi disiplin belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 8 Selayar yaitu upaya preventif dan upaya kuratif. (1) Upaya preventif berupa pemberian motivasi dan memfasilitasi kuota internet, sedangkan (2) upaya kuratif berupa pemberian sanksi edukatif dan melakukan panggilan orang tua. Adapun faktor penghambat yang mempengaruhi disiplin belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 8 Selayar meliputi faktor internal dan faktor eksternal. (1) Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa yaitu kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran daring dan siswa malas mengerjakan tugas, sedangkan (2) faktor eksternal yang berasal dari luar siswa yaitu guru kurang menguasai penggunaan teknologi dan kurangnya fasilitas seperti kuota dan jaringan internet yang belum memadai dalam proses pembelajaran daring. Kata kunci : Upaya guru, disiplin belajar, pandemi covid-19.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:57
Last Modified: 19 Jul 2022 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item