PERAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARANSISWA DI SMA NEGERI 21 BONE

Irma Damayanti (2022) PERAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARANSISWA DI SMA NEGERI 21 BONE.

[img] Text
Artikel irmadamayanti.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI IRMADAMAYANTI PRINT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Irma Damayanti, 2022. Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Siswa Di SMA Negeri 21 Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd dan Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa di SMA Negeri 21 Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa di SMA Negeri 21 Bone. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Bone. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa di SMA Negeri 21 Bone sudah dilaksanakan. Pelaksanaan Peran kepemimpinan pembelajaran oleh kepala sekolah dilakukan dengan cara mendefinisikan dan mengkomunikasikan misi sekolah, mengkoordinasikan kurikulum, melakukan supervisi kepada guru, memantau kemajuan siswa dan memelihara iklim positif di kelas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:54
Last Modified: 19 Jul 2022 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item