PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CYBERLINK POWERDIRECTORPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWAKELAS X SMAN 9 MAKASSAR

Rezky A Maulida, (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CYBERLINK POWERDIRECTORPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWAKELAS X SMAN 9 MAKASSAR.

[img] Text
1.SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
4.Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
5.MOTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
6.ABSTRAK I.docx

Download (14kB)
[img] Text
7.PRAKATA I.docx

Download (18kB)
[img] Text
8.DAFTAR ISI revisi III.docx

Download (27kB)
[img] Text
9.DAFTAR BAGAN REVISI I.docx

Download (12kB)
[img] Text
10.DAFTAR TABEL revisi III.docx

Download (15kB)
[img] Text
11.DAFTAR LAMPIRAN revisi II.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
14.DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
11.REVISI PRODUK.docx

Download (556kB)
[img] Text
12.MEDIA PEMBELAJARAN.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

Rezky A Maulida, 2018, Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Cyberlink PoweDirector Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMAN 9 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Pd dan juga Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMAN 9 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi dengan pokok pembahasan Filum Porifera. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 9 Makassar yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 172 siswa. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa 34. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi media berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media video yang dikembangkan ini valid dan praktis serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran biologi siswa kelas X SMAN 9 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:23
Last Modified: 19 Jul 2022 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23916

Actions (login required)

View Item View Item