PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI SLIDEDOGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

RAHMI HARIANI SOSE (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI SLIDEDOGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1 SAMPUL DEPAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
2 SAMPUL DALAM.docx

Download (40kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (20kB)
[img] Text
4 MOTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (24kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.docx

Download (19kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (17kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
11 BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
12 BAB II fix.docx

Download (86kB)
[img] Text
13 BAB III.docx

Download (54kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
32-33 Lampiran 7 fix.docx

Download (44kB)
[img] Text
34 DOKUMENTASI 1.docx

Download (489kB)
[img] Text
35 Dokumentasi 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (65kB)

Abstract

Rahmi Hariani Sose. 2017. Pengaruh Penggunaan Media presentasi SlideDog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Dr. Pattaufi S.Pd, M.Si Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran yang kurang variatif, cenderung monoton, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran sederhana seperti papan tulis, dan media cetak seperti buku paket pelajaran, sehingga proses pembelajaran berlangsung kurang efektif, siswa cenderung pasif dan kurang partisipatif dalam pembelajaran. Hal ini membuat hasil belajar siswa pada mata pelajaran menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran ialah media presentasi. Salah satu media presentasi yang dapat digunakan ialah media presentasi SlideDog. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah penggunaan media presentasi SlideDog pada proses pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallanga Kabupaten Gowa? (2)bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi SlideDog terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Gambaran penggunaan media presentasi SlideDog dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa? (3) Pengaruh penggunaan media presentasi SlideDog terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperiment, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 90 orang dan sampel berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media presentasi SlideDog terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:48
Last Modified: 19 Jul 2022 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23912

Actions (login required)

View Item View Item