RAHMI HARIANI SOSE (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI SLIDEDOGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PALLANGGA KABUPATEN GOWA.
Text
1 SAMPUL DEPAN.docx Download (34kB) |
|
Text
2 SAMPUL DALAM.docx Download (40kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx Download (20kB) |
|
Text
4 MOTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (18kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
6 PRAKATA.docx Download (24kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.docx Download (19kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.docx Download (17kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
Text
11 BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
12 BAB II fix.docx Download (86kB) |
|
Text
13 BAB III.docx Download (54kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
32-33 Lampiran 7 fix.docx Download (44kB) |
|
Text
34 DOKUMENTASI 1.docx Download (489kB) |
|
Text
35 Dokumentasi 2.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (65kB) |
Abstract
Rahmi Hariani Sose. 2017. Pengaruh Penggunaan Media presentasi SlideDog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Dr. Pattaufi S.Pd, M.Si Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran yang kurang variatif, cenderung monoton, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran sederhana seperti papan tulis, dan media cetak seperti buku paket pelajaran, sehingga proses pembelajaran berlangsung kurang efektif, siswa cenderung pasif dan kurang partisipatif dalam pembelajaran. Hal ini membuat hasil belajar siswa pada mata pelajaran menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran ialah media presentasi. Salah satu media presentasi yang dapat digunakan ialah media presentasi SlideDog. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah penggunaan media presentasi SlideDog pada proses pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallanga Kabupaten Gowa? (2)bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi SlideDog terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Gambaran penggunaan media presentasi SlideDog dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa? (3) Pengaruh penggunaan media presentasi SlideDog terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperiment, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 90 orang dan sampel berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media presentasi SlideDog terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:48 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23912 |
Actions (login required)
View Item |