ANTON SISWOMIHARJO (2022) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PRESENTASI PREZI TERHADAP HASILBELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANKELAS XI SMKN 1 MUHAMMADIYAH MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.
Text
0 judul sampul.docx Download (34kB) |
|
Text
1 Halaman sampul.docx Download (33kB) |
|
Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (40kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx Download (14kB) |
|
Text
5 MOTTO, ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
5 MOTTO, ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
6 PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.docx Download (20kB) |
|
Text
Bab 1 Pendahuluan.docx Download (29kB) |
|
Text
Bab 2 Tinjauan Pustaka, Kerangka Pikir, dan Hipotesis.docx Download (40kB) |
|
Text
Bab 3 Metode Penelitian.docx Download (53kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (21kB) |
|
Text
14. dokumentasi media.docx Download (5MB) |
|
Text
15. dokumentasi mengajar.doc Download (13MB) |
|
Text
17. Perhitungan Data Statistik Awal.docx Download (23kB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup.docx Download (48kB) |
Abstract
ANTON SISWOMIHARJO. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Abd. Hakim, S. Pd. M, Si dan Dr. Pattaufik, S. Pd. M, Si sebagai pembimbing II. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar terkhusus media presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media presentasi prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media presentasi prezi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng yang berjumlah 120 orang dan sampel berjumlah 80 orang siswa yang terdiri dari 40 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan di kelas XI TKJ 2 dan 40 orang siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas XI TKJ 1. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media presentasi prezi dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penggumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media presentasi prezi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di XI SMK 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media presentasi prezi lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media presentsi prezi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh penggunaan media presentasi Prezi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas XI SMK 1 Muhammadiyah Marioriwawo Kabupaten Soppeng
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:32 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23910 |
Actions (login required)
View Item |