PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE VIDEO MAKER FX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Jusdaliani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE VIDEO MAKER FX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN belakang.docx

Download (173kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (106kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (18kB)
[img] Text
4.MOTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II..docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (26kB)
[img] Text
L.12 ANALISIS DATA STATISTIK.docx

Download (32kB)
[img] Text
L.13 Titik Persentase Distribusi t.docx

Download (28kB)
[img] Text
L.14 N 15 DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx

Download (18MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

Jusdaliani. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Pembelajaran Berbasis Software Video Maker FX Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX dalam mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng?; 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa, yang diajar dengan menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX dalam mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP Nergeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng?; 3) Apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 118 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 48 siswa, 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan probablity sampling dengan teknik undian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa melalui penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX sangat baik, hasil belajar dengan menerapkan perlakuan berupa penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX memiliki hasil belajar yang sangat baik dan ada pengaruh penggunaan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Hal sekaligus menjawab hipotesis H1= Ada perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis Software Video Maker FX dengan yang di ajar dengan menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis Software Power Point dalam mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:26
Last Modified: 19 Jul 2022 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item