MUHAMMAD HASYRUL SYARIF (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PALLANGGA GOWA.
Text
0. SAMPUL.docx Download (37kB) |
|
Text
1. SAMPUL DALAM.docx Download (40kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
4. MOTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (14kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
8 Daftar tabel.docx Download (15kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.docx Download (14kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (14kB) |
|
Text
11. Bab 1.docx Download (28kB) |
|
Text
12. BAB 2.docx Download (41kB) |
|
Text
13. BAB 3.docx Download (42kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
2. ANALISIS DATA STATISTIK.docx Download (24kB) |
|
Text
3. TITIK PERSENTASE DB.docx Download (24kB) |
|
Text
4. foto Dok.docx Download (3MB) |
Abstract
Muh Hasyrul Syarif. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pallangga Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran melalui pemanfaatan media Video Tutorial terhadap hasil belajar mata pelajaran Simulasi Digital pada siswa kelas X SMKN 1 Pallangga Gowa ? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar melalui pemanfaatan media Video Tutorial terhadap hasil belajar mata pelajaran Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pallangga Gowa ? (3) Apakah ada pengaruh media pembelajaran Video Tutorial terhadap hasil belajar mata pelajaran Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pallangga Gowa?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Pallangga Gowa tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 35 siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 dan 35 siswa X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 3 yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas X TKJ 1 dan X TKJ 3, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, jumlah siswa, dan umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan video tutorial terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pallangga Gowa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 00:50 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 00:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23901 |
Actions (login required)
View Item |