PENGELOLAAN LAYANAN EKSTRAKURIKULERDI SMAIT AL-FITYAN SCHOOL KABUPATEN GOWA

NISRINAH (2022) PENGELOLAAN LAYANAN EKSTRAKURIKULERDI SMAIT AL-FITYAN SCHOOL KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI NISRINAH 1743041010.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ARTIKEL_NISRINAH 1743041010.pdf

Download (655kB)

Abstract

Nisrinah, 2022. Pengelolaan layanan ekstrakurikuler di SMAIT Al-Fityan School Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd dan Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan layanan ekstrakurikuler di SMAIT Al-Fityan School Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian kegiatan ekstrakurikuler di SMAIT Al-Fityan School Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, kepala urusan kesiswaan, penanggung jawab ekstrakurikuler, serta pengajar ekskul. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan layanan ekstrakurikuler melalui rapat kerja unit sekolah, program kerja berupa silabus yang dibuat oleh masing-masing pengajar/pembina, ketentuan dibentuknya ekstrakurikuler berdasarkan hasil rapat membahas dan menentukan jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler yang akan dijalankan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, tidak ada kriteria khusus dalam pembentukan pengurus tetapi dibebankan kepada guru yang mempunyai kapabilitas dan mampu mengatur kegiatan ekstrakurikuler dengan baik dan untuk pengajar/pembina ekstrakurikuler merupakan guru yang di recruit dari luar sekolah, sarana dan prasarana sudah dipersiapkan secara matang oleh pihak sekolah. Tahap pelaksanaan layanan ekstrakurikuler sebagaimana yang sudah dijadwalkan dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Pemantauan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan oleh penanggung jawab ekstrakurikuler dengan tetap dibawah koordinasi oleh kepala sekolah dan kepala urusan kesiswaan. Masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler diselesaikan dan dicarikan solusi secara musyawarah. Tahap pengevaluasian layanan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap akhir semester yang dilakukan oleh penanggung jawab ekstrakurikuler sesuai dengan indikator pengevaluasiannya yakni evaluasi jenis kegiatan ekstrakurikuler, evaluasi pengajar/pembina ekstrakurikuler, dan evaluasi peserta didik. Tindak lanjut dari evaluasi yang dilakukan adalah apabila ditemukan ada ekstrakurikuler yang tidak berjalan maka akan diganti dengan ekstrakurikuler lain, pengajar/pembina ekstrakurikuler yang kinerjanya bagus ada perpanjangan kontrak namun sebaliknya jika kurang maka akan diberhentikan sesuai dengan masa habis kontraknya kemudian pihak sekolah akan membuka kembali open recruitment, dan bagi peserta didik sebagai nilai pada rapor.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:13
Last Modified: 18 Jul 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23888

Actions (login required)

View Item View Item