ZULKIFLI SAHARI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMKN 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA.
Text
0 judul sampul.docx Download (34kB) |
|
Text
1 Halaman sampul.docx Download (33kB) |
|
Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (40kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx Download (14kB) |
|
Text
5 MOTTO, ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
6 PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.docx Download (20kB) |
|
Text
Bab 1 Pendahuluan.docx Download (31kB) |
|
Text
Bab 2 Kajian Pustaka.docx Download (41kB) |
|
Text
Bab 3 Metode Penelitian.doc Download (201kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (47kB) |
|
Spreadsheet
9 - Nilai Prepos & Analisis Data.xlsx Download (17kB) |
|
Text
11- Titik Persentase Tabel DB.docx Download (24kB) |
|
Text
12 - Dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
13 - RIWAYAT HIDUP.docx Download (59kB) |
Abstract
Zulkifli Sahari, 2017, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktive Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan menggambarkan proses penelitian yang dilakukan sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Eksperimen yaitu penelitian yang hanya menggunakan 1 kelas sampel sebagai objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 91 orang yang terdiri atas 54 perempuan dan 37 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI A yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dipilih secara acak berdasarkan pertimbangan tertentu, karena hasil belajar siswa yang merata dan perbandingan jumlah siswa yang relatif sama. Selanjutnya peneliti melakukan pretest diawal pertemuan dan diakhir pertemuan diberikan posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = ada pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23886 |
Actions (login required)
View Item |