PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMKN 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

ZULKIFLI SAHARI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMKN 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
0 judul sampul.docx

Download (34kB)
[img] Text
1 Halaman sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (40kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (14kB)
[img] Text
5 MOTTO, ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab 2 Kajian Pustaka.docx

Download (41kB)
[img] Text
Bab 3 Metode Penelitian.doc

Download (201kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (47kB)
[img] Spreadsheet
9 - Nilai Prepos & Analisis Data.xlsx

Download (17kB)
[img] Text
11- Titik Persentase Tabel DB.docx

Download (24kB)
[img] Text
12 - Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
13 - RIWAYAT HIDUP.docx

Download (59kB)

Abstract

Zulkifli Sahari, 2017, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktive Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan menggambarkan proses penelitian yang dilakukan sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Eksperimen yaitu penelitian yang hanya menggunakan 1 kelas sampel sebagai objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 91 orang yang terdiri atas 54 perempuan dan 37 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI A yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dipilih secara acak berdasarkan pertimbangan tertentu, karena hasil belajar siswa yang merata dan perbandingan jumlah siswa yang relatif sama. Selanjutnya peneliti melakukan pretest diawal pertemuan dan diakhir pertemuan diberikan posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = ada pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:15
Last Modified: 18 Jul 2022 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23886

Actions (login required)

View Item View Item