PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE BIODIGITAL HUMANTERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWAKELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANETE RILAUKABUPATEN BARRU

ULFIAH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE BIODIGITAL HUMANTERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWAKELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANETE RILAUKABUPATEN BARRU.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ulfiah. 2017. Pengaruh Penggunaan Website Biodigital Human Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Si dan Farida Febriati, SS., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran pengaruh penggunaan website Biodigital Human terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar Biologi pada siswa kelas XI IPA setelah penggunaan website Biodigital Human? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan website Biodigital Human terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru?. Pendekatan yang dipilih dalam skripsi ini yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi dalam skripsi ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 122 siswa, terdiri atas 93 siswa berjenis kelamin perempuan dan 29 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam skripsi ini yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, jumlah siswa, dan umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis website Biodigital Human terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:56
Last Modified: 18 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item