PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO MURATTAL PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI KELAS VIII SMPIT AL-ISHLAH MAROS

SITTI NURJANNAH (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO MURATTAL PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI KELAS VIII SMPIT AL-ISHLAH MAROS.

[img] Text
sampul.docx

Download (2MB)
[img] Text
isi.docx

Download (10MB)

Abstract

Sitti Nurjannah. 2016. Peningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Media Audio Murattal pada Mata Pelajaran Tahfidz Qur’an di Kelas VIII SMPIT Al-Ishlah Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses penggunaan media audio murattal dalam pembelajaran tahfidz qur’an di kelas VIII SMPIT Al-Ishlah Maros dan apakah media audio murattal dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tahfidz qur’an di kelas VIII SMPIT Al-Ishlah Maros. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penggunaan media audio murattal dalam pembelajaran tahfidz qur’an dan untuk mengetahui gambaran peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media audio murattal pada mata pelajaran tahfidz qur’an di kelas VIII SMPIT Al-Ishlah Maros. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriktif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-B1 SMPIT Al-Ishlah Maros dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 30 semuanya adalah perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah proses penggunaan media pembelajaran Audio Murattal dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tahfidz Qur’an. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tahfidz Qur’an kelas VIII-B1 SMPIT Al-Ishlah Maros setelah penggunaan media audio murattal dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar yang diberikan. Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Untuk lembar observasi guru diperoleh data peningkatan aktivitas guru dari setiap siklus yaitu pada siklus I mendapat kategori baik dan pada siklus II tetap berada pada kategori baik. Sedangkan untuk lembar observasi siswa juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mendapat kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:45
Last Modified: 18 Jul 2022 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item View Item